Selasa, 11 Desember 2012

Sejarah Hello Kitty




Siapa sih yang gak kenal sosok boneka kucing putih  nan imut dari negeri Sakura Hello Kitty... pasti sudah banyak yang mengenal yaa... penggemarnya gak hanya cuma anak-anak,,bahkan orang dewasa pun menyukainya =)...saya sendiripun juga suka hehe...
Suka dengan Hello Kitty..gak afdol kalo gak tau sejarah muasalnya....

Hello Kitty diciptakan oleh perancang dari Sanrio yang bernama Shimizu Ikuko pada tahun 1974 yang merupakan tahun kelahiran resmi Hello Kitty. Penjualan barang-barang Hello Kitty baru dimulai pada bulan Maret 1975. Barang Hello Kitty pertama dipasarkan berupa dompet kecil yang disebut Puchi Purse dengan harga 240 yen. Perusahaan Sanrio bahkan tidak lagi memiliki dompet Puchi Purse sampai mendapat sumbangan sebuah dompet Puchi Purse dari seorang kolektor yang sekarang dipamerkan di kantor perusahaan. Dompet Puchi Purse kemudian dibuat replikanya dan dijual sebagai barang dalam jumlah terbatas.
Karakter dalam barang Hello Kitty dari tahun 1974 sampai tahun 1975 belum diberi nama. Pada dompet Puchi Purse yang merupakan produk pertama hanya tertulis kata "Hello!" (tanpa tulisan "Kitty"). Pada awalnya orang Jepang mengenal karakter Kitty White sebagai "kucing putih tidak bernama," sampai akhirnya perusahaan memberi nama "Kitty" yang diambil dari nama kucing berbulu putih yang tampil dalam cerita Alice di Negeri Kaca (Through the Looking-Glass) oleh Lewis Carroll. Pada mulanya Kitty White tidak memiliki nama keluarga atau nama keluarganya tidak diumumkan, "White" sebagai nama keluarga baru ditambahkan di kemudian hari.
Pada produk-produk awalnya, Kitty selalu digambarkan sedang duduk dan baru pada tahun 1977 Kitty digambarkan berdiri.
Pada tahun 1996, Hello Kitty kembali menjadi populer secara mendadak di kalangan siswa putri sekolah menengah pertama dan sekolah menengah berkat penyanyi Jepang yang populer pada saat itu Kahara Tomomi mengaku sebagai penggemar berat Hello Kitty dalam salah satu acara televisi.
Di Jepang, kepopuleran Hello Kitty mencapai titik paling rendah di sekitar tahun 1980-an. Pada tahun 1980, Yonekubo Setsuko yang merupakan desainer generasi kedua digantikan oleh Yamaguchi Yūko yang masih memegang posisi desainer hingga sekarang. Penampilan karakter Kitty selalu diperbarui setiap tahun, bahkan penampilan Kitty berbeda-beda setiap pergantian musim. Perusahan juga mengubah target pemasaran dan melakukan berbagai macam inovasi agar angka penjualan yang tinggi dapat dipertahankan.
Penelitian mengenai kembalinya kepopuleran Hello Kitty di Jepang pada tahun 1996 belum pernah dilakukan orang, sehingga mungkin saja Hello Kitty kembali populer berkat jasa Kahara Tomomi atau mungkin juga Hello Kitty sudah lebih dulu populer tapi beritanya tidak diangkat oleh media massa. Dalam pernyataannya pada tahun 1997, direktur perusahaan Sanrio pernah mengakui bahwa Hello Kitty kembali populer di Jepang berkat Kahara Tomomi.
Pada tahun 2004, Kitty menjabat sebagai "teman khusus anak-anak" di UNICEF hingga tanggal 1 November 2004). Selain itu, Kitty juga pernah dua kali menjabat sebagai duta UNICEF, pertama pada tahun 1983 (UNICEF America Junior Ambassador) dan yang kedua kalinya di Jepang pada tahun 1994.
Di Amerika Serikat, Hello Kitty menjadi populer pada akhir tahun 1990-an berkat beberapa orang selebritis seperti Mariah Carey yang menggunakan Hello Kitty sebagai gaya busana. Hello Kitty juga pernah menjadi maskot iklan untuk pasar swalayan Target. Ricky Martin, Cameron Diaz, Heidi Klum, Steven Tyler, Carmen Electra, Mandy Moore, Raven-Symoné, hingga Paris Hilton dan Nicky Hilton semuanya pernah terlihat menggunakan barang-barang Hello Kitty. Penyanyi Lisa Loeb merupakan penggemar berat Hello Kitty hingga salah satu albumnya diberi nama Hello Lisa yang dipersembahkan kepada Hello Kitty.



Perusahaan Sanrio Co Ltd, yang didirikan pada tahun 1960 dengan konsep bahwa sebuah hadiah kecil dapat memberikan senyuman besar untuk anak-anak. Lewat konsep itulah Sanrio menciptakan tokoh-tokoh seperti My Melody, Kerokerokeroppi, Batsumaru, dll. Namun diantara semuanya, Hello Kitty lah yang paling banyak digemari. Produk pertama Hellokitty adalah sebuah dompetberbahan plastic yang mulai dipasarkan tahun 1975, namun ketika itu boneka tersebut belum memiliki nama. Sosok hello Kitty kemudian ‘diproklamirkan’ lahir di Inggris pada tanggal 1 November 1974 dari keluarga White. Ayahnya bekerja di sebuah perusahaan perdagangan, dan ibunya adalah seorang ibu rumah tangga yang pandai memasak. Kitty memiliki seorang saudara kembar bernama Mimi. Tidak sulit untk membedakan keduanya, karena Kitty selalu memakai pita merah di telinga kirinya, sedangkan Mimi memakai pita kuning di telinga kanannya. Tinggi badan Kitty setara dengan 5 buah tumpukkan buah apel, sedangkan berat badannya setara 3 buah apel. Mungkin karena selalu dikaitkan dengan buah apel, makanan favorit Kitty adalah apple pie buatan ibunya.



Sejak pertama kali diciptakan, sudah ada tiga orang kepala desain yang menangani desain Hello Kitty. Kepala desain yang terkenal adalah Yuko Yamaguchi, yang telah menjabat profesinya sejak tahun 1980. Meskipun Kitty buatannya selalu konsisiten, namun Kitty buatannya selalu mengikuti perkembangan jaman. Rancangan pertma yuko adallah Kitty yang ahli bermain piano, karena pada saat itu gadis-gadis jepang ditunutut untuk bisa bermain piano. Perubahan terus berlanjut ketika pada awal tahun 80-an boneka teddy bear popular di Jepang. Atas dasar itulah maka boneka kitty dirancang dengan menggenggam boneka teddy bear. Di tahun 90-an muncul tokoh tambahan dalam keluarga Kitty yaitu dengan hadirnya tokoh Daniel, pacar Hello kitty. Hal ini belum pernah terpikirkan sebelumnya, mengingat pada tahun 80-an artis perempuan lebih banyak menyembunyikan kehidupan asmaranya dari hadapan public. Baru lah di tahun 90-an pendapat tersebut dianggap kuno, karena bagaimana pun juga wajar saja kalau seorang public figure memiliki pasangan.

Boneka Hello Kitty seolah-olah tidak terpengaruh dengan perubahan jaman. Alasan terbesar mengapa boneka kucing ini tetap digemari hingga saat ini mungkin karena tokoh Kitty tidak muncul dalam anime maupun film, dan kehadirannya terbatas pada produk-produk yang dipasatkan lewat media mix, seperti TV dan video. Selain itu juga desainnya yang tidak memiliki mulut membuat orang dapat bebas menginterpretasikan kesannya pada boneka tersebut. Sampai ini terhitung banyak sekali produk hello Kitty, mulai dari stiker, kartu telepon, boneka, sapu tangan, peralatan makan, hingga alat music.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar